Kumpulan Mutiara Hikmah VII

Label:

Dari Anas ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Barangsiapa yang waktu keluar dari rumahnya membaca Bismillaahi tawakkaltu alallaahi wa laa haula wa laa quwwata illaa billaah (Dengan menyebut nama Allah saya bertawakkal kepada Allah; tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah)" maka dikatakan kepadanya: "Kamu telah mendapat petunjuk, kamu telah dijamin, kamu dipelihara dan dijauhkan dari setan." (HR. Abu Daud :5095, At Tirmidzi : 3426, An Nasai dan yang lain)."

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda : "Barangsiapa menolak (ghibah atas) kehormatan saudaranya, niscaya pada hari kiamat Allah akan menolak menghindarkan api Neraka dari wajahnya."
(HR. Ahmad : 6/450)


Dari Abu Hurairah, 'Abdurrahmah bin Shakr Radhiallahu 'ahnu,  ia berkata : 'Aku mendengar Rasulullah bersabda' : "Apa saja yang aku larang kamu melaksanakannya hendaklah kamu jauhi dan apa saja yang aku perintahkan maka lakukanlah menurut kemampuan kamu. Sesungguhnya kehancuran umat sebelum kamu adalah karena banyak bertanya dan menyalahi nabi-nabi mereka (tidak mau taat dan patuh)". (HR. Bukhori no. 7288 dan Muslim no. 1337)

" Dan tiadalah kehidupan di dunia ini, melainkan hanya permainan dan senda gurau belaka. Dan sungguh kampung akhirat itu lebih baik bagi orang-orang yang bertaqwa. Maka tidakkah kamu memahaminya? " (QS. Al An'am : 32)

Pesan Urwah kepada anak-anaknya, " Kalau kalian melihat orang berbuat kebaikan, ketahuilah bahwa kebaikan tadi mempunyai saudara-saudara padanya. Namun bila kalian melihat seseorang berbuat maksiat, ketahuilah bahwa kemaksiatan itu memiliki saudara-saudara padanya. Karena setiap kebaikan akan menghantarkan pelakunya kepada saudaranya, sebagaimana maksiat juga menghantarkan pelakunya kepada saudaranya." (Al Wafi bil Wafayat, 6/359)

"Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan." (QS. Al 'Araaf : 31)

"Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul(Nya), dan Ulil Amri diantara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (Sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya." (QS. An Nisaa' : 59)

"Berdo'alah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas" (QS. Al 'Araaf : 55)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Hak seorang muslim atas muslim yang lain ada lima : Menjawab salam, Menjenguk orang sakit, Mengantarkan jenazah, Memenuhi undangan dan Mendo'akan orang yang bersin (dengan ucapan Yarhamukallahu)." (HR. Bukhori III/90 dan Muslim : 2162)

Al Khatib Al Baghdadi Rahimahullah berkata, "Abul Qosim Al Azhari menyebutkan dari Ahmad bin Ibrahim Ad Dauraqi, dari Marzuq bin Ahmad As Saqti, dari Muhammad bin Muhammad Al Baghandi, dari Ustman bin Abu Syaibah, dia berkata, 'Tidak lama lagi akan datang masa dimana para ahli hadits datang mengetuk pintu rumah orang dan berkata, 'Apakah kalian ingin seorang ahli hadits menyampaikan hadits kepada kalian?' Mereka akan berkata, 'Tidak'."" (Khatib Al Baghdadi, Al Jami' Li Akhlaq Ar Rawi Hal. 200)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Tidak halal bagi seorang muslim mendiamkan saudaranya lebih dari tiga malam, keduanya saling bertemu namun yang satu berpaling dan yang lain juga berpaling. Ddan yang paling baik diantara keduanya adalah yang terlebih dahulu (mengucap) salam." (HR. Al Bukhori dan Muslim)

"Kalau saja Kami menghendaki, niscaya Kami akan berikan kepada tiap-tiap jiwa petunjuk baginya. Akan tetapi telah tetaplah 'perkataan' dari-Ku ; Sesungguhnya akan Aku penuhi neraka Jahannam itu dengan jin dan manusia bersama-sama." (QS. As Sajadah [32] : 13)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Perumpamaan teman yang baik dan teman yang tidak baik adalah bagaikan berteman dengan orang yang menjual minyak wangi dan pandai besi. Adapun penjual minyak wangi, engkau bisa jadi diberikannya minyak wangi atau engkau membeli darinya, atau setidaknya engkau telah mencium aroma wanginya, sedangkan pandai besi bisa jadi bajumu akan terbakar atau setidaknya engkau telah mencium bau yang tidak sedap darinya." (HR. Bukhori, Fathul Baari 6/666 dan Muslim no.2628)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, " Katakanlah, ' Adakah sama orang-orang yang mengetahui dengan orang-orang yang tidak mengetahui ? ' Sesungguhnya orang yang berakallah yang dapat menerima pelajaran. " (QS. Az Zumar : 9)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, " Rabb kita turun ke langit dunia ketika tersisa sepertiga akhir malam, lalu Dia berfirman : 'Siapa yang berdo'a kepada-Ku pasti Aku kabulkan, siapa yang meminta kepada-Ku pasti Aku akan berikan, dan siapa yang meminta ampun kepada-Ku pasti akan Aku ampuni.' " (HR. Bukhori dan Muslim)

Diriwayatkan dari Shafwan bin 'Assal Al Muradi, dia berkata, " Saya mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, ' Tidak seorangpun yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilum, kecuali para malaikat membentangkan sayap untuknya karena ridho atas apa yang dilakukannya '." (HR. Ibnu Majah no. 266 dan beliau berkata, " Para perawi sanadnya tsiqah.")

Allah 'Azza Wa Jalla berfirman yang artinya, " Amat besar kebencian di sisi Allah, Kamu mengatakan apa-apa yang tidak kamu kerjakan. " (QS. Ash Shaaf : 3)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, " Ketahuilah, sesungguhnya orang-orang sebelum kamu dari ahli kitabtelah berpecah belah menjadi tujuh puluh dua golongan. Dan sesungguhnya agama ini (Islam) akan terpecah belah menjadi tujuh puluh tiga golongan, tujuh puluh dua golongan tempatnya di dalam neraka dan satu golongan di dalam Surga, yaitu Al Jama'ah. " (HR. Ahmad. Al hafidz menggolongkannya Hadits Hasan)

Dalam riwayat lain disebutkan, " Semua golongan tersebut tempatnya di dalam Neraka, kecuali satu (yaitu) yang aku dan para sahabatku meniti jalan di atasnya. "  (HR. Tirmidzi, di hasankan oleh Syaikh Al Albani dalam Shahihul Jami' no. 5219)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, " Barangsiapa bernadzar untuk mentaati Allah, hendaklah ia mentaati-Nya. " (HR. Bukhori, Kitabul Aiman wan Nudzur)

Dari Anas Radhiallahu 'Anhu, dari Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam , Beliau bersabda, " Barangsiapa yang keluar untuk menuntut ilmu, ia berada dalam jalan Allah hingga ia kembali. " (HR. Tirmidzi dan Beliau menghasankan dalam Al Misykah : 200 dan Ar Riyadh : 1392)

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, " Puasa yang paling utama setelah (puasa Ramadhan) adalah (puasa) di bulan Allah (bulan) Muharram, dan sholat yang paling utama setelah shalat wajib (lima waktu) adalah shalat malam . " (HR. Muslim : 1392)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapus (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk." (QS. Hud : 114)

Dari Abu Hurairah Radhiallahu 'Anhu, ia berkata, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Saling berwasiatlah kalian terhadap wanita. Sebab wanita itu diciptakan dari tulang rusuk. Sesungguhnya tulang rusuk yang paling bengkok adalah bagian atasnya. jika engkau berusaha meluruskannya, maka engkau akan memecahkannya dan juka engkau meninggalkanya, maka ia akan selalu bengkok. Maka, saling berwasiatlah kalian terhadap wanita." (HR. Bukhori dalam Al Anbiya : 3331, 5184, 5186)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Sebaik-baik kalian adalah yang terbaik akhlaqnya." (HR. Bukhori no. 3559, 6029 ; Muslim no. 2321)

"Dan jika ada kebajikan, niscaya Allah akan melipatgandakan dan memberikan dari sisi-Nya pahala yang besar." (QS. An Nisa' : 40)

Dari Irbadh bin Tsariyah radiallahu 'anhu, Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam bersabda , "Apabila kalain meminta kepada Allah, maka mintalah surga Firdaus, karena itu merupakan rahasianya surga." (Shahih Ath - Thabrani)

Diriwayatkan bahwa istri Habib Al 'Ajmy bin Muhammad terbangun pada suatu malam ketika Habib sedang tidur pulas, sehingga Habib pun terbangun karenanya. Maka istrinya berkata , "Bangunlah wahai Habib sungguh malam telah pergi dan siang akan datang, sedang di depanmu terbentang jalan yang sangat jauh sementara bekal sangat sedikit, dan rombongan orang-orang shaleh telah berlalu mendahuluimu, sementara kita masih di teta berada di tempat kita." (Shifatush Shofwah : 4/35)

Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda , "Itulah sholatnya orang munafik, itulah sholatnya orang munafik, dan itulah sholatnya orang munafik. Ia duduk menunggu matahari hingga menjelang maghrib, ia segera melakukan sholat empat rakaat dengan cepat sekali, dan hanya sebentar saja ia mengingat Allah dalam shalatnya tersebut ." (HR. Bukhori dan Muslim)

Wahb bin Ward berkata melalui seruannya yang sangat menyentuh siapa saja yang mendengarnya , "Jika engkau bisa untuk tidak di dahului oleh seorangpun dalam beramal kepada Allah Ta'ala, maka lakukanlah."(Ruhbaanul Lail : 36)

"Barangsiapa yang menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk bagian dari mereka." (HR. Ahmad dan Abu Daud, Syaikh Al - Albani berkata ''shahih'')

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman , "Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan agar mereka menyembah-Ku. Aku tidak menghendaki rizki sedikitpun dari mereka dan aku tidak menghendaki supaya mereka memberi Aku makan." (QS. Adz Dzariyat : 56-57)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda , "Kiamat telah dekat dan tidaklah bertambah kecuali manusia bertambah rakus terhadap dunia, dan tidak bertambah melainkan mereka semakin jauh dari Allah." (HR. Al Hakim, dengan isnad yang Hasan)

Allah Subhanahu Wa Ta'ala berfirman , "Hai orang-orang yang beriman, makanlah diantara kalian rizki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah." (QS. Al Baqarah : 172)

Dari Abi Sa'id Al Khudry Radhiallahu 'Anhu, ia berkata Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Ash Shirath, jembatan di atas Neraka Jahannam itu licin dan menggelincirkan, lebih halus dari rambut, dan lebih tajam dari pedang. Manusia akan melewatinya sesuai dengan kadar amalnya. Ada yang melewatinya seperti kedipan mata, seperti angin, seperti kuda yang kencang, seperti menuggang unta, ada yang melewatinya dengan berlari, dengan berjalan, dan diantara mereka ada yang disambar sekali sambaran ke Neraka Jahannam ." (HR. Bukhori dan Muslim)

Allah 'Azza Wa Jalla berfirman : "Dan binasalah semua orang yang berlaku sewenang-wenang lagi keras kepala. Di hadapannya ada Jahannam dan dia akan diberi minum dengan air nanah. Diminumnya air nanah itu dan hampir dia tidak bisa menelannya dan datanglah (bahaya) maut kepadanya dari segenap penjuru, tetapi dia tidak juga mati, dan di hadapannya masih ada adzab yang berat." (QS. Ibrahim : 15-17)

Diriwayatkan dari Abdullah bin Abbas radhiallahu 'anhu, ia berkata, 'Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda', "Kalaulah anak Adam telah memiliki dua lembah harta niscaya ia masih berambisi untuk mendapatkna yang ketiga. Padahal ketika berada di liang kubur, tidak lain yang memenuhi perutnya adalah tanah." (HR. Bukhori no. 6436)

Dari Abdullah bin Mas'ud Radhiallahu 'Anhu, ia mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Tidak beranjak kedua kaki seorang hamba pada hari Kiamat dari sisi Rabb-Nya sebelum ditanya tentang lima perkara : tentang umurnya dalam hal apa dia habiskan, tentang masa mudanya dalam hal apa ia tuntaskan, tentang hartanya darimana ia peroleh dan untuk apa ia belanjakan, dan tentang apa yang diamalkan dari ilmu (agamanya)." (HR. At Tirmidzi, dengan isnad yang hasan)

Diriwayatkan dari Aisyah (Ummul Mukminin) Radhiallahu 'Anhu bahwa ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Pada hari Kiamat, manusia akan di kumpulkan dalam keadaan tidak beralas kaki, telanjang dan tidak berkhitan.". Aku bertanya, 'Wahai Rasulullah, kaum wanita dan lelaki akan saling memandang satu sama lain ?'. Beliau bersabda, "Wahai Aisyah, keadaan saat itu lebih menakutkan sehingga mereka tidak akan saling memandang satu sama lain." (HR. Muslim)

"Janganlah kamu gerakkan lidahmu untuk (membaca) al Qur'an karena hendak cepat-cepat untuk (menguasai) nya. Sesungguhnya, atas tanggungan Kamilah mengumpulkannya (di dadamu) dan (membuatmu pandai) membacanya." (QS. Al Qiyamah : 16-17)

Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Barangsiapa yang bertaubat sebelum matahari terbit dari arah barat, niscaya Allah akan menerima taubatnya." (HR. Muslim)

"Ketahuilah bahwa sesungguhnya orang yang hidup di muka bumi ini adalah tamu dan harta kekayaan yang ada di tangannya adalah pinjaman. Seorang tamu itu harus pergi dan barang pinjaman harus dikembalikan."(Nuriyyah Ibnul Qoyyim Al Jauziyyah.Wafat : 656 H)

"Dan ditiuplah sangkakala, maka matilah siapa yang di langit dan di bumi kecuali siapa yang dikehendaki Allah. Kemudian ditiup sangkakala sekali lagi, maka mati tiba-tiba mereka berdiri menunggu (putusannya masig-masing)." (QS. Az Zumar : 68)

Dari Abu Hurairah , ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Sebaik-baik hari yang matahari terbit padanya adalah hari Jum'at, karena pada hari ini Adam diciptakan, hari ini pula Adam dimasukkkan ke dalam Surga dan dikeluarkan darinya, dan tidaklah datang hari kiamat kecuali pada hari Jum'at" (HR. Muslim)

"Sesungguhnya Allah menetapkan takdir makhluk-Nya lima puluh ribu tahun sebelum menciptakan langit dan bumi" (HR. Muslim no. 2633)

Allah 'Azza Wa Jalla berfirman, "Dan laksanakanlah sholat, tunaikanlah zakat dan taatlah kepara Rasul (Muhammad) agar kamu diberi rahmat." (QS. An Nuur : 56)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Barangsiapa yang membangun masjid karena Allah meskipun seperti sarang burung dara, maka Allah membangunkan untuknya sebuah rumah di Surga." (HR. Ibnu Majah no. 738 dan di shahihkan oleh Syaikh Albani dalam Shahih Al Jami' no. 6128)

"Sesungguhnya mereka yang beriman dan beramal shalih, tentulah Kami tidak akan menyia-nyiakan pahala orang-orang yang mengerjakan amalan (nya) dengan baik." (QS. Al Kahfi : 30) 

"Sebenarnya, Al Qur'an itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu. Dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat Kami kecuali orang-orang yang dzalim." (HR. Muslim)

Dari An Nawwas bin Mis'an Al Anshari, Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda, "Kebajikan itu ialah budi pekerti yang baik. Sedangkan dosa ialah perbuatan atau tindakan yang menyesakkan dada, dan engkau sendiri benci jika perbuatanmu itu diketahui orang lain." (HR. Muslim no. 4632) 

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal." (QS. Ali Imran : 190)

Inbul Mungkadir berkata, "Tidak ada yang tersisa dari kelezatan dunia kecuali tiga hal : Qiyamul Lail, bertemu dengan saudara seiman dan shalat berjama'ah di masjid." (Al Ihyaa' : 1/423)

"Sesungguhnya telah Kami buatkan bagi manusia dalam Al Qur'an ini setiap macam perumpamaan supaya mereka dapat pelajaran." (QS. Az Zumar : 27)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Diantara kebaikan islam seseorang adalah meninggalkan apa yang tidak penting baginya." (HR. Tirmidzi : 2317, Ibnu Majah : 3976 dan lihat Shahih Al Jami' : 5911) 

"Sesungguhnya Kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur." (QS. Al A'raaf : 10)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Malu itu sebagian dari iman." (HR. Bukhori : 24 dan Muslim : 36) 

"Dia-lah yang menghidupkan dan mematikan, maka apabila Dia menetapkan sesuatu urusan, Dia hanya berkata kepadanya: "Jadilah", maka jadilah ia." (QS. Ghafir : 68)

Dari Abu Hurairah , ia mendengar Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Api kalian yang dinyalakan anak Adam adalah sepertujuh puluh dari panas api Jahannam" Para sahabat berkata, 'Demi Allah, bila sepanas ini saja sudah cukup wahai Rasulullah.' Beliau bersabda, "Sesungguhnya panas api tersebut masih tersisa sebanyak enam puluh sembilan bagian, panas masing-masing sama dengan api ini." (HR. Muslim : 5077)

Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman, "Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh dengan kenikmatan, mereka kekal di dalamnya, sebagai janji Allah yang benar, dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana." (QS. Luqman : 8-9)

"Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh butir, pada tiap-tiap butir seratus biji. Allah melipatgandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui." (QS. Al Baqarah : 261)

Diriwayatkan dar Abu Hurairah , ia berkata :'Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda' : "Allah melaknat penyuap dan penerima suap dalam (urusan) hukum." (HR. Ahmad : 2/287, Shahih Al Jami' : 5069)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Dihalalkan atas kamu wanita dari umatku sutera dan emas, (tetapi keduanya) diharamkan atas kaum lelaki mereka." (HR. Abu Daud : 4/353, Shahih Al Jami' : 2770)

"Yang menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Tidak akan kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pengasih. Maka lihatlah sekali lagi, adakah kamu lihat sesuatu yang cacat ?." (QS. Al Mulk : 3)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Perempuan manapun yang menggunakan parfum, kemudian melewati suatu kaum agar mereka mencium wanginya, maka dia adalah seorang peniza." (HR. Ahmad : 4/418, Shahih Al Jami' : 105)

"Wahai manusia ! Kamulah yang memerlukan Allah dan Allah Dialah Yang Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) Maha Terpuji." (QS. Fatir : 15)

Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Tidakkah takut orang yang mengangkat kepalanya sebelum imam, bahwa Allah akan mengubah kepalanya menjadi kepala keledai." (HR. Muslim : 1/320-321)

Dari Abdullah Ibnu Umar Radhialllahu 'Anhu, Rasulullah Shallallahu 'Alaihi Wasallam bersabda, "Barangsiapa yang mengambil tanah (orang lain) meski sedikit dengan tanpa hak niscaya dia akan ditenggelamkan pada hari Kiamat sampai ke (dasar) tujuh lapis bumi." (HR. Bukhori : 5/103) 

"Dan janganlah kamu ikuti setiap orang yang banyak bersumpah lagi hina, yang banyak mencela, yang kian ke mari menghambur fitnah." (QS. Al Qolam : 10-11)

Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam : “Mahasuci Allah, betapa kerasnya apa yang diturunkan Allah dalam urusan utang-piutang, demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya, seandainya seorang laki-laki dibunuh di jalan Allah kemudian ia dihidupkan lalu dibunuh (lagi) kemudian di hidupkan, lalu dibunuh (lagi) sedang ia memiliki hutang, sungguh ia tak akan masuk surga sehingga dibayarkan untuknya hutang tersebut” (HR An Nasai, Al Mujtaba,7/413, Shahihul Jami’ :3594)

"Barang siapa yang menghendaki kemuliaan, maka bagi Allah-lah kemuliaan itu semuanya. Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yang baik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakan kejahatan bagi mereka azab yang keras, dan rencana jahat mereka akan hancur.” (QS. Faathir : 10)


 
Test © 2010 | Designed by My Blogger Themes | Blogger Template by Blog Zone