Perhatikanlah Keagungan Allah agar Tidak Beribadah Kecuali Kepada-Nya

Label:

Renungan tentangKeagungan Allah Ta'ala agar Tidak Beribadah Kecuali Kepada-Nya.
بسم الله الرحمن الرحيم و الحمد لله رب العالمين وصلى الله و سلم و بارك على نبينا محمد و آله و صحبه أجمعين, أما بعد:

Tujuan tulisan ini adalah agar kita,seluruh kaum muslimin kembali, bertobat, beribadah, beriman hanya kepada Allahsemata, tiada sekutu bagi-Nya.

Tujuan tulisan ini adalahmengingatkan dengan keras orang-orang yang masih percaya dengan jimat dengansegala macam bentuknya, sesajen dengan segala macam bentuknya, tumbal apapunbentuknya, dukun siapapun dia, juru kunci gunung dan para juru kunci apapundia, penjaga laut dan penjaga-penjaga lainnya dari makhluk, agar merekabenar-benar sadar bahwa hanya Allah satu-satunya yang berhak diibadahi. 

Ya Allah…Engkaulah satu-satunya Al-Khaliq (Maha Pencipta), seluruhnyaselain Engkau adalah makhluk. 
Ya Allah…Engkaulah satu-satunya Al-Malik (Maha Raja), Penguasa dilangit, di bumi, di lautan, di daratan dan di udara, dimanapun.
Ya Allah…Engkaulah satu-satunya Al-Mudabbir (Maha Pengatur) seluruhyang terjadi di bumi, di langit, di udara, dimanapun. 

{ قُلِ الْحَمْدُ لِلَّهِ وَسَلَامٌ عَلَىعِبَادِهِ الَّذِينَ اصْطَفَى آللَّهُ خَيْرٌ أَمَّا يُشْرِكُونَ (59) أَمَّنْ خَلَقَالسَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَأَنْزَلَ لَكُمْ مِنَ السَّمَاءِ مَاءً فَأَنْبَتْنَابِهِ حَدَائِقَ ذَاتَ بَهْجَةٍ مَا كَانَ لَكُمْ أَنْ تُنْبِتُوا شَجَرَهَا أَإِلَهٌمَعَ اللَّهِ بَلْ هُمْ قَوْمٌ يَعْدِلُونَ (60) أَمَّنْ جَعَلَ الْأَرْضَ قَرَارًاوَجَعَلَ خِلَالَهَا أَنْهَارًا وَجَعَلَ لَهَا رَوَاسِيَ وَجَعَلَ بَيْنَ الْبَحْرَيْنِحَاجِزًا أَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يَعْلَمُونَ (61) أَمَّنْ يُجِيبُالْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ الْأَرْضِأَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ قَلِيلًا مَا تَذَكَّرُونَ (62) أَمَّنْ يَهْدِيكُمْ فِي ظُلُمَاتِالْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَمَنْ يُرْسِلُ الرِّيَاحَ بُشْرًا بَيْنَ يَدَيْ رَحْمَتِهِأَإِلَهٌ مَعَ اللَّهِ تَعَالَى اللَّهُ عَمَّا يُشْرِكُونَ (63) أَمَّنْ يَبْدَأُالْخَلْقَ ثُمَّ يُعِيدُهُ وَمَنْ يَرْزُقُكُمْ مِنَ السَّمَاءِ وَالْأَرْضِ أَإِلَهٌمَعَ اللَّهِ قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (64) قُلْ لَا يَعْلَمُمَنْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ الْغَيْبَ إِلَّا اللَّهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَيُبْعَثُونَ (65)} [النمل: 59 - 65]

Artinya: "Katakanlah: "Segalapuji bagi Allah dan kesejahteraan atas hamba-hamba-Nya yang dipilih-Nya Apakah Allah yang lebih baik, ataukah apayang mereka persekutukan dengan Dia?
"Atau siapakah yang telahmenciptakan langit dan bumi dan yang menurunkan air untukmu dari langit, laluKami tumbuhkan dengan air itu kebun-kebun yang berpemandangan indah, yang kamusekali-kali tidak mampu menumbuhkan pohon-pohonnya? Apakah di samping Allahada tuhan (yang lain)? Bahkan (sebenarnya) mereka adalah orang-orang yangmenyimpang (dari kebenaran)".

"Atau siapakah yang telahmenjadikan bumi sebagai tempat berdiam, dan yang menjadikan sungai-sungai dicelah-celahnya, dan yang menjadikan gunung-gunung untuk (mengokohkan) nya danmenjadikan suatu pemisah antara dua laut? Apakah di samping Allah ada tuhan(yang lain)? Bahkan (sebenarnya) kebanyakan dari mereka tidak mengetahui". 

"Atau siapakah yang memperkenankan(doa) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdoa kepada-Nya, dan yangmenghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah dibumi?  Apakah di samping Allah adatuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya)".

"Atau siapakah yang memimpin kamudalam kegelapan di daratan dan lautan dan siapa (pula) kah yang mendatangkanangin sebagai kabar gembira sebelum (kedatangan) rahmat-Nya? Apakah disamping Allah ada tuhan (yang lain)? Maha Tinggi Allah terhadap apa yang merekapersekutukan (dengan-Nya)".

"Atau siapakah yang menciptakan(manusia dari permulaannya), kemudian mengulanginya (lagi), dan siapa (pula)yang memberikan rezeki kepadamu dari langit dan bumi? Apakah di sampingAllah ada tuhan (yang lain)?. Katakanlah: "Unjukkanlah bukti kebenaranmu,jika kamu memang orang-orang yang benar".

"Katakanlah: "Tidak adaseorang pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecualiAllah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan".QS. An-Naml: 59-69.

{وَاللَّهُ الَّذِي أَرْسَلَ الرِّيَاحَ فَتُثِيرُ سَحَابًا فَسُقْنَاهُإِلَى بَلَدٍ مَيِّتٍ فَأَحْيَيْنَا بِهِ الْأَرْضَ بَعْدَ مَوْتِهَا كَذَلِكَ النُّشُورُ(9) مَنْ كَانَ يُرِيدُ الْعِزَّةَ فَلِلَّهِ الْعِزَّةُ جَمِيعًا إِلَيْهِ يَصْعَدُالْكَلِمُ الطَّيِّبُ وَالْعَمَلُ الصَّالِحُ يَرْفَعُهُ وَالَّذِينَ يَمْكُرُونَ السَّيِّئَاتِلَهُمْ عَذَابٌ شَدِيدٌ وَمَكْرُ أُولَئِكَ هُوَ يَبُورُ (10) وَاللَّهُ خَلَقَكُمْمِنْ تُرَابٍ ثُمَّ مِنْ نُطْفَةٍ ثُمَّ جَعَلَكُمْ أَزْوَاجًا وَمَا تَحْمِلُ مِنْأُنْثَى وَلَا تَضَعُ إِلَّا بِعِلْمِهِ وَمَا يُعَمَّرُ مِنْ مُعَمَّرٍ وَلَا يُنْقَصُمِنْ عُمُرِهِ إِلَّا فِي كِتَابٍ إِنَّ ذَلِكَ عَلَى اللَّهِ يَسِيرٌ (11) {وَمَا يَسْتَوِي الْبَحْرَانِ هَذَا عَذْبٌ فُرَاتٌ سَائِغٌ شَرَابُهُوَهَذَا مِلْحٌ أُجَاجٌ وَمِنْ كُلٍّ تَأْكُلُونَ لَحْمًا طَرِيًّا وَتَسْتَخْرِجُونَحِلْيَةً تَلْبَسُونَهَا وَتَرَى الْفُلْكَ فِيهِ مَوَاخِرَ لِتَبْتَغُوا مِنْ فَضْلِهِوَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ (12) يُولِجُ اللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَفِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ذَلِكُمُاللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَمِنْ قِطْمِيرٍ (13)} [فاطر: 9 - 13]

Artinya: "Dan Allah, DialahYang mengirimkan angin; lalu angin itu menggerakkan awan, maka Kami halau awanitu ke suatu negeri yang mati lalu Kami hidupkan bumi setelah matinya denganhujan itu. Demikianlah kebangkitan itu". 

"Barang siapa yang menghendakikemuliaan, maka milik Allah-lah kemuliaan itu semuanya.  Kepada-Nya lah naik perkataan-perkataan yangbaik dan amal yang saleh dinaikkan-Nya. Dan orang-orang yang merencanakankejahatan bagi mereka azab yang keras, dan rencana jahat mereka akan hancur".

"Dan Allah menciptakan kamu daritanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan(laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dantidak (pula) melahirkan melainkan dengan sepengetahuan-Nya. Dan sekali-kalitidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangiumurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lohmahfuz).  Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allahadalah mudah".

"Dan tiada sama (antara) dua laut;yang ini tawar, segar, sedap diminum dan yang lain asin lagi pahit. Dan darimasing-masing laut itu kamu dapat memakan daging yang segar dan kamu dapatmengeluarkan perhiasan yang dapat kamu memakainya, dan pada masing-masingnyakamu lihat kapal-kapal berlayar membelah laut supaya kamu dapat mencarikarunia-Nya dan supaya kamu bersyukur".

"Dia memasukkan malam ke dalam siangdan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari dan bulan,masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat) demikianAllah Tuhanmu, kepunyaan-Nya lah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru(sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulit ari". QS. Fathir: 9-13.

Ya Allah…Engkaulah satu-satunya Al-Ghani(Maha Kaya), tidak membutuhkan apapun dan siapapun, seluruh makhluk sangatmembutuhkan dan bergantung kepada-Mu.

{يَا أَيُّهَاالنَّاسُ أَنْتُمُ الْفُقَرَاءُ إِلَى اللَّهِ وَاللَّهُ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ}[فاطر: 15]
Artinya: "Hai manusia, kamulahyang berkehendak kepada Allah; dan Allah Dia-lah Yang Maha Kaya (tidakmemerlukan sesuatu) lagi Maha Terpuji". QS. Fathir: 15.

{لِلَّهِ مَافِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ إِنَّ اللَّهَ هُوَ الْغَنِيُّ الْحَمِيدُ} [لقمان:26]
Artinya:"KepunyaanAllah-lah apa yang di langit dan yang di bumi. Sesungguhnya Allah Dia-lah YangMaha Kaya lagi Maha Terpuji". QS. Luqman: 26

{قُلْ هُوَ اللَّهُأَحَدٌ (1) اللَّهُ الصَّمَدُ (2) لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ (3) وَلَمْ يَكُنْ لَهُكُفُوًا أَحَدٌ (4)} [الإخلاص: 1 - 4]
Artinya: "Katakanlah:"Dia-lah Allah, Yang Maha Esa, Allah adalah Sembahan yang bergantungkepada-Nya segala sesuatu. Dia tiada beranak dan tiada pula diperanakkan,dan tidak ada seorang pun yang setara dengan Dia". QS.Al-Ikhlash: 1-4 

Ya Allah…oleh sebab inilah kami tidak akanpernah beribadah kecuali hanya kepada-Mu…
Ya Allah…Engkaulah satu-satunya Al-Kabir(Maha Besar).

{وَمَاقَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالْأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَالْقِيَامَةِ وَالسَّمَاوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىعَمَّا يُشْرِكُونَ (67)} [الزمر: 67]
Artinya: "Dan mereka tidakmengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya, padahal bumi seluruhnyadalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengan tangankanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang merekapersekutukan". QS. Az-Zumar: 67.

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَسْعُودٍ قَالَ جَاءَ حَبْرٌ إِلَىالنَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَقَالَ يَا مُحَمَّدُ أَوْ يَا أَبَا الْقَاسِمِإِنَّ اللَّهَ تَعَالَى يُمْسِكُ السَّمَوَاتِ يَوْمَ الْقِيَامَةِ عَلَى إِصْبَعٍوَالأَرَضِينَ عَلَى إِصْبَعٍ وَالْجِبَالَ وَالشَّجَرَ عَلَى إِصْبَعٍ وَالْمَاءَوَالثَّرَى عَلَى إِصْبَعٍ وَسَائِرَ الْخَلْقِ عَلَى إِصْبَعٍ ثُمَّ يَهُزُّهُنَّفَيَقُولُ أَنَا الْمَلِكُ أَنَا الْمَلِكُ. فَضَحِكَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليهوسلم- تَعَجُّبًا مِمَّا قَالَ الْحَبْرُ تَصْدِيقًا لَهُ ثُمَّ قَرَأَ (وَمَا قَدَرُوااللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَوَاتُمَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَى عَمَّا يُشْرِكُونَ)
Artinya:"Abdullah bin Mas'ud radhiyallahu 'anhu berkata: "Seorangrahib Yahudi datang menemui Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam,dia berkata: "Wahai Muhammad atau wahai Abu al-Qasim, sesungguhnyaAllah Ta'ala memegang langit-langit pada hari kiamat dengan satu jari, bumidengan satu jari, gunung dan pohon dengan satu jari, air dan tanah dengan satujari dan seluruh makhluk dengan satu jari, lalu Allah mengerak-gerakkan jarijemari tersebut dan berfirman: "Aku adalah Raja, Aku adalah Raja".Nabi Muhammad shallallahu 'alaihi wasallam tertawa karena merasa takjubdari apa yang telah dikatakan rahib tersebut, sebagai pembenaran apa yang telahia katakan, kemudian beliau membaca:

وَمَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ وَالأَرْضُ جَمِيعًا قَبْضَتُهُيَوْمَ الْقِيَامَةِ وَالسَّمَوَاتُ مَطْوِيَّاتٌ بِيَمِينِهِ سُبْحَانَهُ وَتَعَالَىعَمَّا يُشْرِكُونَ
Artinya: "Dan mereka tidakmengagungkan Allah dengan pengagungan yang semestinya padahal bumiseluruhnya dalam genggaman-Nya pada hari kiamat dan langit digulung dengantangan kanan-Nya. Maha Suci Tuhan dan Maha Tinggi Dia dari apa yang merekapersekutukan".

Ya Allah…oleh sebab inilah kami tidak akanpernah beribadah kecuali hanya kepada-Mu…
Ya Allah…kami sangat yakin seluruhsembahan selain-Mu tidak punya apa-apa bahkan sampai kulit ari.

{يُولِجُاللَّيْلَ فِي النَّهَارِ وَيُولِجُ النَّهَارَ فِي اللَّيْلِ وَسَخَّرَ الشَّمْسَوَالْقَمَرَ كُلٌّ يَجْرِي لِأَجَلٍ مُسَمًّى ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُالْمُلْكُ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِنْ قِطْمِيرٍ}[فاطر: 13]
Artinya: "Dia memasukkan malam kedalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan menundukkan matahari danbulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Yang (berbuat)demikian Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nya lah kerajaan. Dan orang-orang yangkamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun setipis kulitari". QS. Fathir: 13.

Ya Allah…kami sangat yakin seluruhsembahan selain-Mu sangat lemah selemah rumah laba-laba.

{ مَثَلُالَّذِينَ اتَّخَذُوا مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْلِيَاءَ كَمَثَلِ الْعَنْكَبُوتِ اتَّخَذَتْبَيْتًا وَإِنَّ أَوْهَنَ الْبُيُوتِ لَبَيْتُ الْعَنْكَبُوتِ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ}[العنكبوت: 41]
Artinya: "Perumpamaanorang-orang yang mengambil pelindung-pelindung selain Allah adalah sepertilaba-laba yang membuat rumah. Dan sesungguhnya rumah yang paling lemah ialahrumah laba-laba kalau mereka mengetahui". QS. Al-Ankabut:41.

YaAllah…sungguh lemahnya seluruh sembahan selain-Mu, sungguh mereka tidak bisa menciptadan mempertahankan diri mereka sendiri, bahkan dari lalat sekalipun. bagaimanamereka bisa menolong selain mereka?!!

{يَاأَيُّهَا النَّاسُ ضُرِبَ مَثَلٌ فَاسْتَمِعُوا لَهُ إِنَّ الَّذِينَ تَدْعُونَمِنْ دُونِ اللَّهِ لَنْ يَخْلُقُوا ذُبَابًا وَلَوِ اجْتَمَعُوا لَهُ وَإِنْيَسْلُبْهُمُ الذُّبَابُ شَيْئًا لَا يَسْتَنْقِذُوهُ مِنْهُ ضَعُفَ الطَّالِبُوَالْمَطْلُوبُ (73) مَا قَدَرُوا اللَّهَ حَقَّ قَدْرِهِ إِنَّ اللَّهَ لَقَوِيٌّعَزِيزٌ (74)} [الحج: 73، 74]
Artinya: "Hai manusia, telahdibuat perumpamaan, maka dengarkanlah olehmu perumpamaan itu. Sesungguhnyasegala yang kamu seru selain Allah sekali-kali tidak dapat menciptakan seekorlalat pun, walaupun mereka bersatu untuk menciptakannya. Dan jika lalat itumerampas sesuatu dari mereka, tiadalah mereka dapat merebutnya kembali darilalat itu. Amat lemahlah yang menyembah dan amat lemah (pulalah) yangdisembah"."Mereka tidak mengenal Allah dengan sebenar-benarnya.Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kuat lagi Maha Perkasa". QS.Al-Hajj: 73-74.

Ya Allah…kami sangat yakinseluruh sembahan selain-Mu tidak akan pernah bisa mendengar permohonan kami,kalaupun mendengar maka mereka tidak akan bisa mengabulkan permohonan tersebut,bahkan nanti pada hari kiamat mereka jadi musuh orang yang menyembahnya.

{إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَااسْتَجَابُوا لَكُمْ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ وَلَايُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ} [فاطر: 14]
Artinya:"Jika kamu menyerumereka (sembahan selain Allah), mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalaumereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan di harikiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikanketerangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui". QS. Fathir: 14.

{وَقَالَ إِنَّمَا اتَّخَذْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَوْثَانًا مَوَدَّةَبَيْنِكُمْ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا ثُمَّ يَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُ بَعْضُكُمْبِبَعْضٍ وَيَلْعَنُ بَعْضُكُمْ بَعْضًا وَمَأْوَاكُمُ النَّارُ وَمَا لَكُمْ مِنْنَاصِرِينَ} [العنكبوت: 25]
Artinya: "Dan berkataIbrahim: "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamu sembah selain Allahadalah untuk menciptakan perasaan kasih sayang di antara kamu dalam kehidupandunia ini, kemudian di hari kiamat sebahagian kamu mengingkari sebahagian(yang lain) dan sebahagian kamu mela'nati sebahagian (yang lain); dantempat kembalimu ialah neraka, dan sekali-kali tak ada bagimu para penolongpun".QS. Al-'Ankabut: 25.

Ya Allah…Engkaulah satu-satunya Penciptalangit, bumi dan seluruh makhluk.
jika Engkau berkehendak mendatangkanmudarat kepada seseorang, maka seluruh sembahan selain-Mu tidak  ada yang bisa menolaknya.
jika Engkau berkehendak memberi rahmatkepada seseorang, maka seluruh sembahan selain-Mu tidak  ada yang bisa menahannya.
Mereka; seluruh sembahan selain-Mu adalahjuga hamba-hamba-Mu yang lemah.

{ وَلَئِنْ سَأَلْتَهُمْ مَنْ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ لَيَقُولُنَّاللَّهُ قُلْ أَفَرَأَيْتُمْ مَا تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ إِنْ أَرَادَنِيَ اللَّهُبِضُرٍّ هَلْ هُنَّ كَاشِفَاتُ ضُرِّهِ أَوْ أَرَادَنِي بِرَحْمَةٍ هَلْ هُنَّ مُمْسِكَاتُرَحْمَتِهِ قُلْ حَسْبِيَ اللَّهُ عَلَيْهِ يَتَوَكَّلُ الْمُتَوَكِّلُونَ } [الزمر:38]
Artinya:"Dansungguh jika kamu bertanya kepada mereka: "Siapakah yang menciptakanlangit dan bumi?", niscaya mereka menjawab: "Allah". Katakanlah:"Maka terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu seru selain Allah, jikaAllah hendak mendatangkan kemudaratan kepadaku, apakah berhala-berhalamu itudapat menghilangkan kemudaratan itu, atau jika Allah hendak memberi rahmatkepadaku, apakah mereka dapat menahan rahmat-Nya?. Katakanlah: "CukuplahAllah bagiku". Kepada-Nya lah bertawakal orang-orang yang berserahdiri". QS.Az-Zumar: 38.

{خَلَقَالسَّمَاوَاتِ بِغَيْرِ عَمَدٍ تَرَوْنَهَا وَأَلْقَى فِي الْأَرْضِ رَوَاسِيَ أَنْتَمِيدَ بِكُمْ وَبَثَّ فِيهَا مِنْ كُلِّ دَابَّةٍ وَأَنْزَلْنَا مِنَ السَّمَاءِمَاءً فَأَنْبَتْنَا فِيهَا مِنْ كُلِّ زَوْجٍ كَرِيمٍ (10) هَذَا خَلْقُ اللَّهِ فَأَرُونِيمَاذَا خَلَقَ الَّذِينَ مِنْ دُونِهِ بَلِ الظَّالِمُونَ فِي ضَلَالٍ مُبِينٍ(11) } [لقمان: 10، 11]
Artinya:"Diamenciptakan langit tanpa tiang yang kamu melihatnya dan Dia meletakkangunung-gunung (di permukaan) bumi supaya bumi itu tidak menggoyangkan kamu; danmemperkembang biakkan padanya segala macam jenis binatang. Dan Kami turunkanair hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan padanya segala macam tumbuh-tumbuhanyang baik". "Inilah ciptaan Allah, maka perlihatkanlah olehmukepadaku apa yang telah diciptakan oleh sembahan-sembahan (mu) selain Allah,sebenarnya orang-orang yang lalim itu berada di dalam kesesatan yangnyata". QS. Luqman: 10-11.

{قُلْ أَرَأَيْتُمْشُرَكَاءَكُمُ الَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا خَلَقُوا مِنَالْأَرْضِ أَمْ لَهُمْ شِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ أَمْ آتَيْنَاهُمْ كِتَابًا فَهُمْعَلَى بَيِّنَتٍ مِنْهُ بَلْ إِنْ يَعِدُ الظَّالِمُونَ بَعْضُهُمْ بَعْضًا إِلَّاغُرُورًا (40) إِنَّ اللَّهَ يُمْسِكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ أَنْ تَزُولَا وَلَئِنْزَالَتَا إِنْ أَمْسَكَهُمَا مِنْ أَحَدٍ مِنْ بَعْدِهِ إِنَّهُ كَانَ حَلِيمًا غَفُورًا}[فاطر: 40، 41]
Artinya: "Katakanlah: "Terangkanlahkepada-Ku tentang sekutu-sekutumu yang kamu seru selain Allah.  Perlihatkanlah kepada-Ku (bahagian) manakahdari bumi ini yang telah mereka ciptakan ataukah mereka mempunyai saham dalam(penciptaan) langit atau adakah Kami memberi kepada mereka sebuah Kitabsehingga mereka mendapat keterangan-keterangan yang jelas daripadanya?Sebenarnya orang-orang yang lalim itu sebahagian dari mereka tidak menjanjikankepada sebahagian yang lain, melainkan tipuan belaka". "SesungguhnyaAllah menahan langit dan bumi supaya jangan lenyap; dan sungguh jika keduanyaakan lenyap tidak ada seorang pun yang dapat menahan keduanya selain Allah.Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun". QS.Fathir: 40-41.

{ أَيُشْرِكُونَمَا لَا يَخْلُقُ شَيْئًا وَهُمْ يُخْلَقُونَ (191) وَلَا يَسْتَطِيعُونَ لَهُمْ نَصْرًاوَلَا أَنْفُسَهُمْ يَنْصُرُونَ (192) وَإِنْ تَدْعُوهُمْ إِلَى الْهُدَى لَا يَتَّبِعُوكُمْسَوَاءٌ عَلَيْكُمْ أَدَعَوْتُمُوهُمْ أَمْ أَنْتُمْ صَامِتُونَ (193) إِنَّ الَّذِينَتَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ عِبَادٌ أَمْثَالُكُمْ فَادْعُوهُمْ فَلْيَسْتَجِيبُوالَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (194)} [الأعراف: 191 - 194]
Artinya: "Apakah mereka mempersekutukan(Allah dengan) berhala-berhala yang tak dapat menciptakan sesuatu pun?Sedangkan berhala-berhala itu sendiri buatan orang". "Danberhala-berhala itu tidak mampu memberi pertolongan kepadapenyembah-penyembahnya dan kepada dirinya sendiri pun berhala-berhala itu tidakdapat memberi pertolongan". "Dan jika kamu (hai orang-orang musyrik)menyerunya (berhala) untuk memberi petunjuk kepadamu, tidaklah berhala-berhalaitu dapat memperkenankan seruanmu; sama saja (hasilnya) buat kamu menyeru merekaatau pun kamu berdiam diri". "Sesungguhnya berhala-berhala yang kamuseru selain Allah itu adalah makhluk (yang lemah) yang serupa juga dengan kamu.Maka serulah berhala-berhala itu lalu biarkanlah mereka memperkenankanpermintaanmu, jika kamu memang orang-orang yang benar". QS.Al-A'raf: 191-194.

Ya Allah…kami sangat yakin seluruh sembahan selain-Mu tidak bisamemberi mudarat dan manfaat sedikitpun, bahkan mudaratnya sangatlah dekatdaripada manfaatnya

{ قُلْ أَتَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَمْلِكُ لَكُمْ ضَرًّاوَلَا نَفْعًا وَاللَّهُ هُوَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ} [المائدة: 76]
Artinya: "Katakanlah: "Mengapakamu menyembah selain daripada Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudaratkepadamu dan tidak (pula) memberi manfaat?" Dan Allah-lah Yang MahaMendengar lagi Maha Mengetahui". QS. Al-Maidah: 76.

{وَمَا ظَلَمْنَاهُمْوَلَكِنْ ظَلَمُوا أَنْفُسَهُمْ فَمَا أَغْنَتْ عَنْهُمْ آلِهَتُهُمُ الَّتِي يَدْعُونَمِنْ دُونِ اللَّهِ مِنْ شَيْءٍ لَمَّا جَاءَ أَمْرُ رَبِّكَ وَمَا زَادُوهُمْ غَيْرَتَتْبِيبٍ} [هود: 101]
Artinya: ”Dan Kami tidaklah menganiayamereka, tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri, karena itutiadalah bermanfaat sedikit pun kepada mereka sembahan-sembahan yang merekaseru selain Allah, di waktu azab Tuhanmu datang. Dan sembahan-sembahan itutidaklah menambah kepada mereka kecuali kebinasaan belaka". QS.Hud: 101.

{يَدْعُو مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَضُرُّهُ وَمَا لَا يَنْفَعُهُذَلِكَ هُوَ الضَّلَالُ الْبَعِيدُ (12) يَدْعُو لَمَنْ ضَرُّهُ أَقْرَبُ مِنْ نَفْعِهِلَبِئْسَ الْمَوْلَى وَلَبِئْسَ الْعَشِيرُ (13)} [الحج: 12، 13]
Artinya:"Ia menyeruselain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberi mudarat dan tidak (pula)memberi manfaat kepadanya. Yang demikian itu adalah kesesatan yangjauh". "Ia menyeru sesuatu yang sebenarnya mudaratnya lebih dekatdari manfaatnya. Sesungguhnya yang diserunya itu adalah sejahat-jahatpenolong dan sejahat-jahat kawan". QS. Al-Hajj: 12-13.

Ya Allah…kami sangat yakin seluruhsembahan selain-Mu, tidak memiliki apapun sampai seberat dzarrahpun.

{قُلِ ادْعُوا الَّذِينَ زَعَمْتُمْ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَا يَمْلِكُونَمِثْقَالَ ذَرَّةٍ فِي السَّمَاوَاتِ وَلَا فِي الْأَرْضِ وَمَا لَهُمْ فِيهِمَا مِنْشِرْكٍ وَمَا لَهُ مِنْهُمْ مِنْ ظَهِيرٍ } [سبأ: 22]
Artinya: "Katakanlah: "Serulahmereka yang kamu anggap (sebagai tuhan) selain Allah, mereka tidak memiliki(kekuasaan) seberat zarrah pun di langit dan di bumi, dan mereka tidakmempunyai suatu saham pun dalam (penciptaan) langit dan bumi dansekali-kali tidak ada di antara mereka yang menjadi pembantu bagi-Nya".QS. Saba': 22

Ya Allah…lebih parah lagi…seluruh sembahanselain-Mu hanya makhluk dan tidak mampu menciptakan apapun.

{وَالَّذِينَ يَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ لَا يَخْلُقُونَ شَيْئًاوَهُمْ يُخْلَقُونَ (20)} [النحل: 20]
Artinya: "Danberhala-berhala yang mereka seru selain Allah, tidak dapat membuat sesuatuapapun, sedang berhala-berhala itu (sendiri) dibuat orang". QS.An-Nahl: 20.

Ya Allah…seluruh sembahan selain-Mu tidak bisa memberikan rizkiapapun di langit dan di bumi.

{وَيَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ مَا لَا يَمْلِكُ لَهُمْ رِزْقًامِنَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ شَيْئًا وَلَا يَسْتَطِيعُونَ} [النحل: 73]
Artinya:"Dan merekamenyembah selain Allah, sesuatu yang tidak dapat memberikan rezeki kepadamereka sedikit pun dari langit dan bumi, dan tidak berkuasa (sedikit juapun)". QS. An-Nahl:73.

Ya Allah…Andaikata berhala-berhala itusembahan yang berhak diibadahi, tentulah mereka tidak masuk neraka.

{ إِنَّكُمْ وَمَا تَعْبُدُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ حَصَبُ جَهَنَّمَأَنْتُمْ لَهَا وَارِدُونَ (98) لَوْ كَانَ هَؤُلَاءِ آلِهَةً مَا وَرَدُوهَا وَكُلٌّفِيهَا خَالِدُونَ (99) لَهُمْ فِيهَا زَفِيرٌ وَهُمْ فِيهَا لَا يَسْمَعُونَ(100)} [الأنبياء: 98 - 100]
Artinya:"Sesungguhnya kamudan apa yang kamu sembah selain Allah, adalah umpan Jahanam, kamu pastimasuk ke dalamnya". "Andaikata berhala-berhala itu tuhan, tentulahmereka tidak masuk neraka. Dan semuanya akan kekal di dalamnya"."Mereka merintih di dalam api dan mereka di dalamnya tidak bisamendengar". QS.Al-Anbiya': 98-100.

Ya Allah…setelah semua ini…
Kami sangat meyakini bahwa seorang yangberibadah baik dengan mendirikan sholat, berpuasa, membayar zakat, menunaikanhaji, berdoa, mempunyai rasa takut, berharap, bertawakkal, berkeinginan,khusyu', meminta pertolongan, meminta perlindungan, meminta pertolongan dalamkeadaan yang sangat sempit, menyembelih hewan, dan seluruh ibadah lainnya, jikadiperuntukkan kepada selain-Mu, maka dia adalah orang yang paling sesat, karenadia beribadah kepada sembahan yang tidak akan pernah mengabulkan permintaannyasampai hari kiamat.

{قُلْ أَرَأَيْتُمْمَا تَدْعُونَ مِنْ دُونِ اللَّهِ أَرُونِي مَاذَا خَلَقُوا مِنَ الْأَرْضِ أَمْ لَهُمْشِرْكٌ فِي السَّمَاوَاتِ ائْتُونِي بِكِتَابٍ مِنْ قَبْلِ هَذَا أَوْ أَثَارَةٍ مِنْعِلْمٍ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ (4) وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللَّهِمَنْ لَا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَنْ دُعَائِهِمْ غَافِلُونَ(5)} [الأحقاف: 4، 5]
Artinya: "Katakanlah:"Terangkanlah kepadaku tentang apa yang kamu sembah selain Allah;perlihatkan kepada-Ku apakah yang telah mereka ciptakan dari bumi ini atauadakah mereka berserikat (dengan Allah) dalam (penciptaan) langit? Bawalahkepada-Ku Kitab yang sebelum (Al Qur'an) ini atau peninggalan dari pengetahuan(orang-orang dahulu), jika kamu adalah orang-orang yang benar". "Dansiapakah yang lebih sesat daripada orang yang menyembah sembahan-sembahanselain Allah yang tiada dapat memperkenankan (doa) nya sampai hari kiamat danmereka lalai dari (memperhatikan) doa mereka?". QS. Al-Ahqaf: 4-5.

Ya Allah…oleh sebab ini semualah kamitidak akan pernah beribadah kecuali hanya kepada-Mu…

{قُلْ إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِرَبِّ الْعَالَمِينَ (162) لَا شَرِيكَ لَهُ وَبِذَلِكَ أُمِرْتُ وَأَنَا أَوَّلُ الْمُسْلِمِينَ(163)} [الأنعام: 162، 163]
Artinya:"Katakanlah:"Sesungguhnya salat, ibadah, hidup dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhansemesta alam". "Tiada sekutu bagi-Nya; dan demikian itulah yangdiperintahkan kepadaku dan aku adalah orang yang pertama-tama menyerahkan diri(kepada Allah)".QS. al-An'am: 162-163.

Semoga bermanfaat, wallahu a'lam.
(Selesai ditulis oleh Abu Abdillah AhmadZainuddin, Rabu sore, 4 Dzulhijjah 1431H di kotaDammam KSA)

 
Test © 2010 | Designed by My Blogger Themes | Blogger Template by Blog Zone