Beberapa Tanda-tanda Tukang Sihir dan Dukun

Label:

Disusunoleh: Kepala Urusan Amr bil Ma'ruf aa Nahyi 'anil Munkar (divisi urusan penegakkan kebaikan dan pencegahan kemungkaran) Di Kota Riyadh, PusatKantor Al Faruq Al Faishaliyah, Kerajaan Arab Saudi.

AlihBahasa: Islamic Cultural Center (ICC) Dammam, Divisi Indonesia 

Sambutan Disampaikan oleh Syeikh Abdullah bin Abdurrahman AlJibrin rahimahullah
 
Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih MahaPenyayang, Wa ba'du, Saya telah menelaah lembaran ini yang berisiperingatan agar menjauhi para dukun dan tukang sihir, tanda-tanda dukun, hukumorang yang menanyainya, dan yang semisalnya; dan sungguh telah benarlah orangyang mengambil gambar dan menyusunnya; maka dengan menyebarkan lembaran ini adamanfaat yang besar.  Dan Allah-lahpemberi taufik.  

Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam, semoga shalawatdan salam tercurah kepada semulia-mulia nabi dan rasul, nabi kita Muhammad,kepada keluarga, sahabat-sahabat, dan para pengikutnya. 

Sambutan Syeikh Abdul Aziz bin Abdullah Ar-Rajihi -hafizhahullah- 

Amma ba'du, saya telah menelaah Lembaran Penyuluhan yangberjudul: (DIANTARA TANDA-TANDA TUKANG SIHIR DAN DUKUN)  yang diterbitkan oleh markas Al Faruq dan AlFaishaliyyah, saya lihat merupakan lembaran yang bermanfaat bagi seorangmuslim, menjelaskan tentang tanda-tanda tukang sihir dan dukun, agar menjauhimereka. Dengan ini akan melindungi akidah seorang muslim, karena tukang sihiryang berhubungan dengan setan telah kafir kepada Allah 'azza wa jalla. Dan wajibbagi seorang muslim untuk berhati-hati dari para tukang sihir, dukun, ahlinujum, dan tukang ramal, dan melindungi diri dengan wirid-wirid yang syar'iyang berasal dari kitabullah dan sunnah nabi-Nya shallallahu alaihi wasallam,dan mengobati dengan ruqyah yang sesuai syariat.

Oleh karena itu, penyebaran lembaran ini di kalangan kaummuslimin sangat bermanfaat, dan merupakan salah satu bentuk tolong menolongdalam kebaikan dan ketakwaan.

Saya mohon kepada Allah agar semua diberi keikhlasan dalamberamal, benar dalam berucap, serta teguh dan istiqamah dalam agama.Sesungguhnya Allah-lah penolong dalam hal ini dan Maha Kuasa untukmengabulkannya.

Shalawat serta salam semoga tercurah kepada nabi kitaMuhammad, juga kepada keluarga dan para sahabatnya.
عَنْ أَبِيهُرَيْرَةَ وَالْحَسَنِ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَمَنْ أَتَى كَاهِنًا أَوْ عَرَّافًا فَصَدَّقَهُ بِمَا يَقُولُ فَقَدْ كَفَرَبِمَا أُنْزِلَ عَلَى مُحَمَّدٍ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. مسند أحمد(رقم الحديث:9171)
Dari shahabat Bin Malik Anas radhiyallahu 'anhu berkata:
”Siapa yang mendatangi tukang ramal atau dukun kemudianmembenarkan apa yang diucapkannya, maka sungguh dia telah kafir terhadap apayang diturunkan kepada Muhammad shallallahu 'alaihi wa sallam." (HadisRiwayat Imam yang Empat [Abu Daud, Tirmizi, Nasa'i, dan Ibnu Majah] dan AlHakim).
  • Bertanyakepada orang yang sakit tentang namanya dan nama ibunya.     
  • Memintahewan untuk disembelih dengan cara tertentu tanpa menyebut nama Allah, dankadang melumurkan darahnya pada tempat yang sakit pada diri orang yang sakit;atau menyuruhnya untuk melemparkan sembelihan tersebut ke tempat yang sudah takberpenghuni lagi, atau ke sebuah batu atau pohon-pohon tertentu.
  • Membacajampe-jampe, rajah-rajah, dan komat-kamit dengan ucapan yang tidak dapatdipahami.
  • Memintasesuatu yang aneh yang bertujuan agar tidak bisa dipenuhi seperti sebelas ekortikus yang ditangkap pada saat orang tidur siang; atau tikus yang yatim ataukera buta. Jika orang yang sakit tersebut tidak dapat memenuhinya, dia memintauang yang banyak dan mengesankan kepada orang sakit tersebut bahwa uang iniadalah nilai persembahan untuk raja jin yang diminta mendatangkan permintaantersebut.
  • Kadang-kadangtukang sihir atau dukun itu menebak nama orang yang datang kepadanya, atau namaibunya, atau negeri asalnya, atau permasalahan yang membuat dia datang. Hal initermasuk bantuan setan kepadanya.
  • Meminta sisa-sisa sesuatu seperti baju, atau pakaian dalam,atau sisir, atau kuku-kuku, atau rambut, maupun gambar.
  • Memberikankepada orang yang sakit itu selembar kain berbentuk segi tiga atau segi empatyang dibungkus di dalam kulit, atau dalam potongan logam, yang berisipermintaan tolong yang bersifat syirik, angka-angka serta huruf-huruf yangbesar maupun kecil kemudian diperintahkan untuk dikalungkan di leher atau dilengan atau meletakannya di bawah bantal.
  • Memberikankepada orang yang datang kepadanya – baik orang yang sakit atau yang lainnya –air yang didalamnya terdapat lembaran-lembaran yang bertuliskan rajah-rajah danpermintaan tolong kepada setan; dan memerintahkannya untuk mandi dengan airtersebut di tempat yang sudah tak berpenghuni atau di kuburan yang sudah takdikunjungi manusia.
  • Menyuruhuntuk mengenakan pakaian yang dipenuhi oleh rajah-rajah dan simbol-simbol padahari-hari tertentu
  • Termasuktanda-tanda tukang sihir adalah menghinakan dan merendahkan Al-Qur'anul Karimdengan benda-benda najis, baik berupa menuliskan ayat-ayat dengan najis ataumelumurinya dengan benda-benda najis seperti darah haid, sebagai persembahanyang diberikan oleh tukang sihir agar dilayani setan-setan.
  • Memberikankepada orang yang sakit lembaran-lembaran kertas yang di dalamnya terdapatdedaunan kering atau benda-benda untuk dibakar dan asapnya dikenakan ke badan. 
  • Memerintahkanmembawa kulit serigala atau gigi-giginya atau mengikat ikatan-ikatan hitam dimobilnya.
  • Memberikansesuatu yang aneh seperti telor yang ditulisi rajah-rajah; atau gembok yangdibungkus dengan kulit atau rajah-rajahan.
  • Di antaratanda-tanda dukun adalah membaca telapak tangan atau cangkir.
  • Di antaratanda-tanda dukun adalah melemparkan kerang ke secarik kain atau kulit binatangbuas, atau melemparkan dengan biji kapulaga atau biji kurma.
  • Menuliskanrajah-rajah atau simbol-simbol atau huruf-huruf yang terpisah [tidakbersambung] atau angka-angka atau segi empat maupun lingkaran-lingkaran. 
  • Memberikankepada orang yang sakit sesuatu untuk dipendam di bumi. 
  • Menuliskanuntuk orang sakit huruf-huruf yang terpisah-pisah pada bejana atau piringporselen atau sepotong kayu menggunakan alat tertentu dengan benda yang bisadilarutkan atau za'faran; dan memerintahkan kepada orang yang datang kepadanyauntuk melarutkannya dan meminumkannya kepada orang yang dimaksudkan. 
  • Kadangdukun memberikan cincin yang diukiri rajahan. 
  • Di antaratanda-tanda dukun adalah menuangkan cairan timah. 
  • Di antaratanda-tanda dukun adalah menggariskan sesuatu di atas pasir.

http://www.dakwahsunnah.com/2011/12/beberapa-tanda-tanda-tukang-sihir-dan.html

 
Test © 2010 | Designed by My Blogger Themes | Blogger Template by Blog Zone